Definisi Antarmuka
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
antarmuka atau interface adalah sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana
dua zat atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk
perbatasan antara benda. Kata interface kadangkala (biasanya dalam bidang
teknik) disingkat menjadi “i/f”.
Bentuk kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau
lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan
kedua benda untuk tujuan tersebut.
Kata interface juga memiliki arti khusus, yaitu:
• antarmuka pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari
suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan
dengan pengoperasiannya oleh pengguna. Antarmuka pengguna (bahasa Inggris: user
interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna
(user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan
sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
• Dalam elektronik dan teknik komputer, sebuah antarmuka
dapat berarti:
o Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
o Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang
mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka
jaringan, antarmuka video, kartu network.
o Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan
karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan
karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB,
antarmuka SCSI.
• Dalam telekomunikasi, sebuah titik interkoneksi antara
pengguna peralatan terminaldan fasilitas komunikasi komersial.
• Dalam teknik software, ia adalah sebuah spesifikasi dari
properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung
kepadanya: lihat antarmuka (ilmu komputer).
• Dalam kimia, ia adalah permukaan antara dua fase yang
berbeda dalah campuran “heterogeneous”.
• Dalam geologi, ia mungkin juga sebuah permukaan atau
lapisan “anomalous” antara dua “epoch” geologikal yang berbeda atau jenis
batuan.
Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme
komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User
Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi.
user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan
baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan
sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step
sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang
terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/
menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam
mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan
yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi
dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan
program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris
tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki
nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai
bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS)
memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista,
Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux
sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk
berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu,
dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track
ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon,
menu, pointing device).
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna
telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1. Head Up Display (HUD)
2. Tangible User Interface
3. Computer Vision
4. Browsing Audio Data
5. Speech Recognition
6.Speech Synthesis
Sumber : http://studentsite.gunadarma.ac.id/
PEMBAHASAN
Antarmuka adalah pembatas secara fisik dari dua subsistem
atau alat. Antarmuka merupakan sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan
pengguna. Dalam antarmuka terdapat dua jenis,yaitu CLI(Command Line Interface)
dalam program ini dalam menjalankan perintah dengan menggunakan baris-baris,
atau perintah dalam bentuk kata-kata.
Sedangkan GUI(Graphical User Interface) cara berinteraksi
dalam program ini adalah dengan menggunakan gambar-gambar,ikon,menu,widows. GUI
juga menggunakan perangkat penunjuk(pointer).
Antarmuka merupakan suatu bagian yang terpenting dalam
perancangan suatu sistem. Dalam merancang antarmuka harus memenuhi tiga syarat,
yaitu :
a. Antarmuka harus sederhana
b. Antarmuka harus lengkap
c. Antarmuka harus memiiki kinerja yang cepat
Setiap antarmuka dalah sebuah bahasa pemograman yang sangat
kecil. Karena antarmuka menjelaskan sekumpulan objk-objek dan operasi-operasi
yang bisa digunakan untuk memanipulasi objek.
Sedangkan elemen-elemen dalam perancangan antarmuka adalah :
a. Mendenifisikan konsep, yaitu mengumpulkan beberapa
kebutuhan pengguna dan mendefinisikan desain suatu program secara konseptual.
b. Memvalidasi konsep, yaitu mengevaluasi konseptual desain
tersebut.
c. Merancang, yaitu mengevaluasi prototype, menandai dan
memperbaiki masalah-masalah yang ditemukan.
d. Pengembangan, yaitu melakukan pengujian secara berkala
terhadap desain program yang lebih dahulu dibuat dan desain program yang paling
akhir dibuat. Setelah itu menandai dan memperbaiki masalah-masalah yang
ditemukan.
Empat tahap utama dalam proses perancangan dan pengembangan
antarmuka adalah :
a. Mengumpulkan atau menganalisa informasi dari pengguna
b. Merancang antarmuka
c. Mengembangkan antarmuka
d. Memvalidasi antarmuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar